Memulai Program COBOL

13/11/2010 15:29

 COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language) adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.program COBOL sendiri tidak perlu diinstal pada komputer,,kita hanya perlu mengkopy file - file yang diperlukan untuk mengkompile dan menjalankan program cobol.biasanya dalam bentuk file .zip,bisa download disini, lalu extract file tersebut di direktori yang diinginkan.

Langkah - langkah membuat program COBOL:

1. Untuk memulai program COBOL yang perlu dilakukan adalah menuliskan listing program di editor yang diinginkan,, karena COBOL tidak memiliki editor khusus seperti pascal, c, atau java, jadi kita bisa menuliskan programnya pada notepad, notepad++, atau sidekick. misalnya kita akan membuat program untuk menghitung luas persegi dan segitiga.filenya dapat di download disini.

2. Setelah menuliskan listing program, simpan file program dengan format .cob atau .cbl di direktori tempat program COBOL berada.Kemudian buka command Prompt pada komputer, dan masuk ke direktori tempat file berada, lalu ketikkan cobol  nama_file.cob atau cobol nama_file.cbl untuk mengkompile program.

3. kemudian tekan enter sampai muncul tampilan error - error yang terdapat pada program,jika terdapat error pada program,, betulkan dulu programnya, lalu ulangi proses kompile sampai muncul tampilan "no error and no warning".


4. Setelah tidak ditemukan error,, lalu kita dapat menjalankan program dengan cara mengetikkan runcob nama_file.cob atau runcob nama_file.cbl


Bahasa COBOL ini memang agak menyulitkan pada saat penanganan errornya karena merupakan bahasa pemrograman generasi ke tiga,sehingga letak eroornya agak sulit dimengerti,tetapi bahasa pemrograman ini masih banyak dibutuhkan pada perusahaan - perusahaan besar yang menggunakan komputer AS400.semoga artikel ini bermanfaat untuk yang kesulitan mempelajari bahasa pemrograman COBOL.jangan lupa comment ya!!! thx.

Back

Search site

Copyright@outtaste.co.cc